Beranda | Artikel
Hakikat Hikmah - Ringkasan Daurah Syariyyah Bersama Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaly
Selasa, 9 Januari 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Fachrudin Nu`man

Hakikat Hikmah – Ringkasan Daurah Syar’iyyah Bersama Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaly. Ringkasan ini disampaikan oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.

Hakikat Hikmah – Ringkasan Daurah Syar’iyyah Bersama Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaly

Kajian ini membahas tentang hikmah. Diantara poin-poin yang dibahas adalah hakikat hikmah, keutamaan hikmah, tingkatan hikmah dan bagaimana pelaksanaanya dalam kehidupan seorang muslim. Secara khusus yakni hikmah yang berkaitan dengan dakwah, muamalah, menuntut ilmu, akhlak dan yang lainnya.

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kalimat hikmah berarti anugrah yang sangat agung dari Allah kepada hambaNya. Sehingga siapa yang mendapatkan anugrah ini, yaitu memiliki sifat hikmah, maka dia akan menjadi manusia terbaik karena dia telah diberikan kebaikan yang sangat agung oleh Allah subhanahu wa ta’ala. 

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَن يَشَاءُ ۚ وَمَن يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ ﴿٢٦٩﴾

Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).

Hikmah, dalam arti yang sederhana adalah sikap bijak atau bijaksana. Dimana seseorang menempatkan sesuatu pada tempatnya. Sikap bijak, tidak keliru, tidak terburu-buru, menentukan sesuatu dengan melihat manfaat dan mudharat, berlaku adil dan tidak sembarangan dalam mengambil sikap.

Sikap bijak ini sangat dibutuhkan oleh siapa saja. Terutama seseorang penuntut ilmu atau da’i yang mengajak kepada kebaikan. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak mungkin seseorang dapat memiliki sifat ini kecuali dengan cahaya dari Allah subhanahu wa ta’ala dan RasulNya.

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama tentang Hakikat Hikmah – Ringkasan Daurah Syar’iyyah Bersama Syaikh Ibrahim bin Amir Ar Ruhaly

Jangan lupa untuk turut menyebarkan link download kajian ini di media sosial yang Anda miliki, baik itu facebook, twitter, google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahu fiikum

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/29785-hakikat-hikmah-ringkasan-daurah-syariyyah-bersama-syaikh-ibrahim-bin-amir-ar-ruhaly/